counter easy hit

Pada hari Selasa, 17 Desember 2018, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman mengadakan simulasi sidang World Trade Organization (WTO) yang terakhir sekaligus menjadi sidang formal yang kedua. Sebelumnya, Jurusan HI telah mengadakan dua sidang, yaitu sidang informal yang diadakan pada tanggal 3 Desember 2018 dan sidang formal pertama tanggal 10 Desember 2018 di Ruang Sidang FISIP Unsoed. Sidang ini diikuti oleh mahasiswa hubungan internasional angkatan 2017 dibantu oleh 12 asisten praktikum yakni Annisa Dwiana Putri (2016), Nafarani Guswanti (2016), Salma Adilla Hanifa (2016), Tika Putri Rahmadani (2016), Pramudya Baskoro (2016), Ressa Putri Munggaran (2016), Haryanto (2016), Ika Aprilia (2016), Astari Feninta (2016), Guntur B. Aruman (2016), Irham Noor Z. (2016), dan Bhilla Aliffitria (2015).

Sidang ini membahas topik “Trips Safeguard on Pharmaceutical Trade” dan terdiri dari tiga blok, yakni blok negara maju, negara industri baru, dan negara berkembang. Selain untuk memenuhi nilai mata kuliah Ekonomi Politik Internasional, sidang ini juga dilakukan untuk melatih kemampuan diplomasi setiap mahasiswa HI. Dalam sidang ini, setiap mahasiswa merepresentasikan dirinya sebagai delegasi dari sebuah negara dan berusaha mempertahankan kepentingan negara masing-masing. Di akhir sidang ini, terdapat agenda pembahasan draft resolution atau resolusi dari topik yang dibahas. Setelah melewati lobi-lobi dan voting dari setiap delegasi, akhirnya draft resolution dimenangkan oleh Brazil and alliance yang merupakan aliansi gabungan antara negara industri baru dan negara berkembang.

Di akhir sidang, para asisten praktikum menunjuk delegasi terbaik dari setiap blok. Dari nominasi yang ada (yaitu United Kingdom, Russia, Iceland, South Africa, Malaysia, Turkey, Costa Rica, Nigeria, Chile), delegasi terbaik yang terpilih adalah Iceland, Malaysia, dan Nigeria. Selamat kepada para delegasi terbaik!

Mudah-mudahan simulasi sidang WTO memberikan ilmu dan praktek yang bermanfaat bagi para mahasiswa yang terlibat dalam proses ini. HI hebat!

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hiunsoed.id/sidang-wto-dalam-tiga-babak/
Twitter
Visit Us
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://hiunsoed.id/sidang-wto-dalam-tiga-babak
Twitter
Visit Us
Instagram